-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Verifikasi Data Tunjangan Profesi Sudah Lengkap, Kenapa Belum Valid?
author photo
By On
Verifikasi Data Tunjangan Profesi Sudah Lengkap, Kenapa Belum Valid?

Sejak di bukanya akses Info GTK periode Januari - Juni 2022 terjadi banyak perubahan diantaranya yang lebih di tonjolkan adalah dilakukan reset password sehingga password yang tidak mengandung karakter dan angka harus dilakukan setting ulang melalui laman manajemen sekolah https://sp.data.kemdikbud.go.id agar dapat login dan melihat status validasi data tunjangan profesi di laman Info GTK.


Masalah yang lain adalah status Verifikasi Data Tunjangan Profesi yang tercentang sudah lengkap namun masih berstatus belum Valid, Kenapa?.


Dengan sudah terupdatenya info gtk 2022 versi terbaru (tanpa ‘Uji Coba’), dan dari hasil pengecekan info gtk, hanya terdapat beberapa dari guru yang status info gtk-nya “VALID”. Dan sebaliknya kendati verifikasi data tunjangan profesinya sudah kengkap dinyatakan belum valid.


Dari hasil validasi tahap ini sepertinya memang status Tunjangan Profesi “VALID” bagi PTK guru yang tidak memiliki ‘TUGAS TAMBAHAN’ di dapodik, dan bagi Bapak/ Ibu yang memiliki TUGAS TAMBAHAN, ada yang sudah valid serta juga ada yang belum valid. Seperti tahun sebelumnya penarikan data ini akan bertahap sehingga menunggu validasi berikutnya dari Pusdatin kemdikbudristek. 


Masalah ini biasanya terjadi karena sering adanya perubahan terhadap data guru baik mengenai data tugas tambahan maupun data jadwal guru yang merangkap di sekolah non induk.


Sedangkan bagi PTK Guru yang baru saja lulus Sertifikasi melalui program PPG tahun 2021, untuk info GTKnya masih berstatus “TIDAK VALID” dikarenakan info GTK masih dalam proses perbaikan data dan NRG Bapak/ Ibu yang dinyatakan “TIDAK VALID” pada menu status verifikasi Status Data Tunjangan Profesi juga masih dalam proses penarikan data oleh pihak Pusdatin Kemdikbudristek. 


Bagi Bapak/ Ibu yang ingin mengecek Info GTK nya langsung silahkan login di web https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan password yang baru yang mengandung Huruf kapital, karakter dan angka.


Untuk perubahan status pangkat PTK guru PNS yang masih belum berubah meskipun sudah diupdate melalui menu BKN, harap bersabar menunggu validasi dari BKN karena biasanya agak lama 7 sampai 14 hari.


Jadi, tenang saja karena proses cut off validasi masih lama yang penting selalu pantau data Anda dan periksa data Anda secara mandiri serta berkordinasi dengan operator sekolah.

Click to comment