Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
Sebelum melakukan pendaftaran maka pastikan bahwa ketiga komponen pelaku ini benar-benar aktif dan terhubung yakni; 1) sekolah sebagai penyelenggara, 2) pendiidk, dan 3) peserta didik wajib melakukan pendaftaran di Kelas Maya jika akan membuka fitur Kelas Maya. Pendaftaran dapat diklasifikasikan sebagai penyelenggara, guru, dan siswa.
Cara Daftar Akun Guru Kelas Maya
Selanjutnya langkah pertama adalah memastikan bahwa sekolah Anda sudah terdaftar sebagai skolah penyelenggara di akun Kelas Maya. Tentu saja Anda tidak bisa mendaftar jika sekolah penyelenggara tidak ada. Jika masih pemula maka Anda bisa mendaftarkan sekolah Anda sebagai sekolah penyelenggara.

Ini langkahnya:
  1. Masuk ke portal Rumah Belajar di www.belajar.kemdikbud.go.id. Pilih dan klik fitur “Kelas Maya” dan atau bisa langsung melalui tautan ini https://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/User/Daftar
  2. Pilih Menu "Daftar Sebagai Penyelenggara" 
  3. Isi Formulir "Daftar Penyelenggara" dengan lengkap, kemudian klik “Daftar” 
Setelah sekolah Anda menjadi sekolah penyelenggara kelas maya, maka guru dan siswa dapat mendaftar di kelas maya. Meskipun pada tahap ini akun sekolah penyelenggara belum di verifikasi. Anda sudah bisa melanjutkan mendaftar sebagai guru.

Berikut ini langkah-langkah pendaftaran guru di Kelas Maya.


  1. Masuk ke portal Rumah Belajar di www.belajar.kemdikbud.go.id. Pilih dan klik fitur “Kelas Maya” dan atau bisa langsung melalui tautan ini https://belajar.kemdikbud.go.id/KelasMaya/User/Daftar
  2. Pilih Menu "Daftar Sebagai Guru"
  3. Isi Formulir "Daftar Guru" dengan lengkap, kemudian klik “Daftar”
  4. ID User (nama yang digunakan untuk login)
  5. Untuk Nomor Identitas Anda bisa menggunakan NUPTK
Setelah akun dibuat, Anda langsung diarahkan ke dasbor Kelas Maya. Guru kelas maya memiliki hak akses untuk mengelola kelas (mengatur Konfigurasi Kelas, mengunggah modul, mengunggah tugas, membuat pengumuman, mengisi forum diskusi, mengatur penilaian), dan monitoring aktivitas peserta didik (melihat aktivitas peserta didik, melihat nilai peserta didik).

Pengelolaan Kelas Maya. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam mengelola kelas maya akan kita bahas selanjutnya.

Click to comment