-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

✔35 Tanya Jawab Validasi PTK, PD, Rombel, Dapodik 2019
author photo
By On
35 Tanya Jawab Validasi PTK, PD, Rombel, Dapodik 2019
1. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa hurup vocal?
  • Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah. 
 2. Nama Peserta Didik dengan tanda baca atau symbol?
  • Cek kembali nama Peserta didik di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server berubah. 
3. Belum pernah sinkron?
Sekolah belum pernah melakukan sinkronisasi atau pengiriman data ke server, sehingga data di server kosong.

4. Sinkron terakhir < 20172?
Sekolah terkahir melakukan sinkronisasi pada periode ganjil 2017/2018, lakukan updating aplikasi dapodik, cek datanya dan lakukan sinkronisasi agar validasinya hilang.

5. Rombel tanpa wali kelas?
Login ke aplikasi dapodik klik rombongan belajar cek setiap rombel bila ditemukan rombel tanpa wali kelas silahkan edit, setelah selesai sinkronkan datanya.

6. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 – pilihan kurikulum salah?
Sekolah bukan merupakan pelaksana kurikulum 2013 akan tetap memilih kurikul 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum KTSP.

7. Status honor mengisi pangkat dan golongan?
  • Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK,
  • Pilih PTK honorer yang terdeteksi memiliki pangkat dan golongan klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas. 
8. PNS pangkat dan golongan kosong?
  • Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK,
  • Pilih PTK PNS yang terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapi data kepangkatannya sesuai dengan SK Kepangkatan yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.
9. PNS NIP kosong?
  • Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK,
  • Pilih PTK PNS yang terdeteksi NIP kosong klik ubah cek data PTK pada kepegawaian lalu cek NIP nya lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikasmen. 
10. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocal?
  • Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah. 
11. Nama PTK dengan tanda baca atau symbol?
  • Cek kembali nama PTK di tabel utama pada aplikasi dapodik bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah.
12. Usia PTK tidak wajar?
  • Masuk ke aplikasi dapodik pilih tabel PTK, 
  • Pilih PTK yang terdeteksi memiliki usia tidak wajar, klik ubah cek data PTK pada data tanggal lahirnya ubah tanggal lahirnya diaplikasi dapodik lengkapi datanya sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas. 
13. Kepsek belum dipilih?
Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka cek ditabel PTK klik nama PTK yang menjabat sebagai kepala sekolah lalu cek tugas tambahan ptk tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan sk kepala sekolahnya. ü Bila tugas tambahan sudah terisi tapi masih tervalidasi cek diisi table tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi artinya terhitung selesai tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek dibranda ya.

14. Kepsek Ganda?
Bila pada beranda aplikasi dapodik terdeteksi Kepsek terhitung lebih dari 1 berarti terdapat 2 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah.

Untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala sekolah, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

15. Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan?
Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala Lab.

Untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Lab, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

16. Jumlah Kepala perpus lebih dari yang telah ditentukan?
Bila sekolah terdeteksi Jumlah Kepala Perpustakaan lebih dari yang telah ditentukan berarti terdapat lebih dari 1 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala Perpustakaan

Untuk menghilangkannya buka tabel PTK klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Perpustakaan, klik ubah cek di data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah itu refresh / tekan ctrl+f5. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

17. Nama sekolah sama disatu kecamatan?
Berarti ada lebih dari 1 nama sekolah yang sama maka untuk merubahnya hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

18. Bentuk pendidikan salah?
Bila terdeteksi bentuk pendidikan salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

19. NPSN ganda?
Bila NPSN terdeteksi ganda berarti dalam 1 kecamatan ada 2 sekolah memakai NPSN yang sama maka segera hubungi dinas kab/kota untuk diperbaiki setelah itu lakukan syncronisasi untuk data perubahannya.

20. Status sekolah salah?
Bila terdeteksi status sekolah salah hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

21. Indikasi sekolah tutup atau merger?
Bila sekolah terdeteksi tutup atau merger tapi dilapangan masih aktif segera hubungi dinas kab/kota setempat atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi disekolah.

22. Nomor rekening BOS kosong?
  1. Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah terisi atau belum nomor rekeningnya, bila sudah diperbaiki dan disinkronkan tapi hasilnya diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah berikut;
  2. Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
  3. Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.
23. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel sama)?
  1. Lakukan generate ulang prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
  2. Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
  3. Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.
24. Apakah untuk semester genap tahun 2018/2019 aplikasi versi 2019.c ada yang menggunakan patch?
Untuk semester 2019.c menggunakan installer, tidak ada patch.

25. Kenapa tidak bisa mencetak surat mutasi peserta didik?
Pastikan sudah di registrasi keluar dan alasan keluar mutasi.

26. Kenapa di jenjang SD, SLB dan SMK tidak muncul menu SKS?
Untuk SKS hanya untuk jenjang SMA dan SMP

26. Kenapa pembelajaran tidak muncul mata pelajarannya?
Pastikan pemilihan kurikulum sudah benar, telebih untuk SMK pastikan kurikulum K13 sudah sesuai dengan kurikulum yang diterbitkan oleh PSMK.

27. Kenapa kurikulum tidak muncul pada rombongan belajar?
Pastikan sudah ditambahkan untuk program yang dilayani pada menu sekolah “Program Pengajaran Dilayani” sesuai dengan sekolah.

28. Bagaimana cara untuk merubah kurikulum agar menjadi K13 di tahun ajaran 2017/2018 semester genap?
Untuk ajaran tahun 2017/2018 semester genap seluruh sekolah pada aplikasi dapodik di izinkan K13.

29. Kenapa tidak bisa ganti kurikulum di aplikasi 2018.b, dalam kasus tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil menggunakan Kurikulum 2013, sedangkan sekolah akan menggunakan KTSP di tahun ajaran 2017/2018 semester genap?
Kurikulum tidak bisa di ubah pertengahan tahun. Jika semester ganjil menggunakan Kurikulum 2013 maka sampai kelas tersebut lulus harus menggunakan kurikulum 2013.

30. Syncronisasi data dapodik sudah berubah, tetapi kenapa data update di info gtk tidak berubah sesuai dapodik yang dikirimkan?
Pembaharuan data pada dapodik tidak berubah langsung ke info gtk, butuh waktu beberapa hari untuk memunculkan datanya.

30. Kenapa gaji yang muncul di info gtk tidak sesuai dengan yang diinputkan pada aplikasi dapodik?
Untuk penampilan gaji mengacu secara otomatis ke PP 30 Tahun 2015, dengan melihat dari pangkat dan golongan yang diisi pada tabel Riwayat Gaji Berkala dan Riwayat Kepangkatan.

31. Menu Inpassing pada dapodik di kunci, kemana harus perbaikan Inpassing jika ada kesalahan?
Inpassing secara otomatis akan diisi oleh GTK, hubungi bagian pengaduan GTK atau Unit Layanan Terpadu.

32. Kenapa jumlah siswa yang menerima BOS tidak sesuai dengan data siswa yang ada pada dapodik?
Pastikan sekolah sudah syncronisasi sebelum cut off yang sudah ditetapkan oleh direktorat pada per triwulan.

33. Kenapa jumlah jam max pada rombel tidak muncul?
Pastikan pemilihan kurikulum sudah sesuai dengan jenjang dan tingkat rombel tersebut.

34. Bagaimana memasukan data wakil kepala sekolah jika rombel kurang dari ketentuan tugas tambahan, yaitu 9:1. Dan wakil kepala sekolah mana yang akan di akui oleh GTK?
Masukan data wakil kepala sekolah sesuai dengan ketentuan berlaku dan inputkan wakil kepala sekolah yang di dapodik maka wakil kepala sekolah tersebut yang diakui oleh GTK.

35. Kenapa tidak bisa ubah tingkat sekolah pada rombongan belajar?
Untuk merubah tingkatan kelas pada rombel pastikan pembelajaran yang sudah terisi harus di kosongkan terlebih darhulu, maka sekolah bisa merubah untuk kelas tersebut.

Click to comment