-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Pahami Pemetaan MatPel per Kelompok MatPel Dapodik 2019 Agar Linier
author photo
By On
Karena masih saja ada permasalahan pada validasi JJM yang terdeteksi tidak linier dan melebihi jumlah JJM yang telah di tentukan maka mari kita coba untuk memahami perubahan pemetaan Mata Pelajaran per kelompok Mata Pelajaran sesuai dengan panduan Dapodik 2019 agar JJM linier dan tidak terdeteksi melebihi jumlah jam yang telah ditentukan.

Panduan ini sebenarnya sudah ada, namun saya hanya menulis ulang. Pada versi ini (Dapodik 2019) perbaikan pemetaan mata pelajaran per kelompok mata pelajaran dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan petugas pendataan dalam pencarian mata pelajaran di kelompok mata pelajaran tersebut.
alokasi matpel dapodik yang ditambahkan
Untuk kelompok mata pelajaran yang terdapat pada tabel pembelajaran di Dapodik terbagi menjadi 4, yaitu:
1) Kelompok 1 - Mata Pelajaran Wajib
2) Kelompok 2 - Mata Pelajaran Wajib (KTSP max 4 jam, K13 max 2 jam)
3) Kelompok 9 - Mata Pelajaran Tambahan
4) Kelompok 10 - Mata Pelajaran Muatan Sekolah (tidak akan dihitung sebagai beban mengajar guru)

Kelompok 1 - Mata Pelajaran Wajib 

Mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok 1 sudah dipetakan secara otomatis pada pembelajaran Dapodik.
Kelompok 1 - Mata Pelajaran Wajib

Kelompok 2 - Mata Pelajaran Wajib (KTSP max 4 jam, K13 max 2 jam) 

Mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok 2 adalah mata pelajaran tambahan dari kelompok 1, dengan ketentuan jika rombel menggunakan KTSP, maka diperbolehkan menambah sebanyak 4 jam, sedangkan untuk rombel yang menggunakan kurikulum 2013 hanya diperbolehkan menambah sebanyak 2 jam.
Kelompok 2 - Mata Pelajaran Wajib (KTSP max 4 jam, K13 max 2 jam)

Kelompok 9 - Mata Pelajaran Tambahan 

Mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok 9 adalah mata pelajaran yang menghitung alokasi jumlah siswa. Pilihan mata pelajaran pada kelompok ini terdiri dari Bimbingan Konseling (BP/BK) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Kelompok 9 - Mata Pelajaran Tambahan

Kelompok 10 - Mata Pelajaran Muatan Sekolah (tidak akan dihitung sebagai beban mengajar guru) 

Mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok 10 adalah mata pelajaran yang tidak dihitung sebagai beban mengajar guru karena ] di luar struktur kurikulum nasional seperti: Baca Tulis Quran (BTQ).

Perubahan Spektrum Keahlian Jenjang SMK 

Perdirjen Dikdasmen  No.  06  tahun 2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dan No. 07  tahun  2018  tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), berlaku  mulai  tahun  ajaran  2018/2019  dengan panduan penerapan di satuan pendidikan SMK sebagai berikut:
 1) Bagi sekolah yang sudah melaksanakan K13 maka Perdirjen tersebut berlaku untuk  kelas  X  dan  XI,  sedangkan  kelas  XII  melanjutkan  kurikulum  yang  lama (KTSP/K13 lama). 

2) Bagi  sekolah  yang  baru  melaksanakan  K13  T.A.  2018/2019  maka  Perdirjen tersebut  berlaku  untuk  kelas  X  saja,  sedangkan  kelas  XI  dan  XII  melanjutkan kurikulum yg lama (KTSP).

3) Perdirjen No. 06 tentang Spektrum Keahlian, tidak  menghapus  ataupun  mengubah  yang  sudah  ada melainkan hanya menambah 4 kompetensi baru.  4 kompetensi baru tersebut yaitu Retail, Manajemen Logistik, Hotel dan Restoran, dan Produksi Film.
Perubahan Spektrum Keahlian Jenjang SMK
 Penambahan 4 kompetensi baru
Untuk menambahkan 4 kompetensi baru di Aplikasi Dapodik, tambahkan kompetensi keahlian pada tabel rincian sekolah yaitu “Kompetensi Keahlian yang Dilayani”.

4) Perubahan jumlah jam pada Perdirjen No. 07 tentang Struktur Kurikulum, jam pelajaran  pada  kelas  X,  XI,  XII  dan  XIII  semula  46  jam  menjadi  46  jam pada kelas X dan 48 jam untuk kelas XI, XII, XIII.

5) Pengurangan jam Mapel Bahasa Indonesia di kelas XII, semula 3 jam pelajaran menjadi 2 jam pelajaran.

6) Penambahan  jam  Mapel  Produk  Kreatif  dan  Kewirausahaan, semula  5  jam pelajaran  di kelas XI, 5 jam pelajaran di kelas XII dan 8 jam pelajaran di kelas XIII menjadi 7 jam pelajaran di kelas XI, 8 jam pelajaran di kelas XII dan 10 jam pelajaran di kelas XIII.
 Perubahan jumlah jam per minggu pada jenjang SMK

Perubahan Jam Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di Jenjang SMK 

Guru  yang  berwenang  untuk  mengajar  Mapel  PKK  adalah  guru  Kewirausahaan  dan atau guru Produktif pada Program Keahlian yang terkait. Pembagian tugas mengajar mapel PKK dapat dibagi menjadi 3 skema: 
1) Mapel PKK seluruhnya diajarkan oleh 1 guru (pilih antara guru Kewirausahaan  atau guru Produktif pada program keahlian yang terkait).

2) Memecah rombel menjadi 2 rombel praktik. Setiap rombel praktik diampu oleh 1  orang  guru  Kewirausahaan  atau  guru  Produktif.  (Lihat  panduan  dapodik 2018.a, contoh kasus II).
Memecah rombel menjadi 2 rombel praktik
1 mapel diajar oleh 2 orang guru ( guru A dan B), misal mapel dengan jjm max 6
• Pada rombel reguler, entri pembelajaran guru A , jjm = 0
• Pada rombel praktik 1, entri pembelajaran guru A,  JJM = 6
• Pada Rombel Praktik 2 entri pembelajaran guru B, jjm = 6

3) Mapel PKK diajarkan oleh 2 orang guru, 1 orang guru Kewirausahaan sebanyak 30% dari total jjm (max 2 jp) dan1 orang guru Produktif sebanyak 70% dari total jjm (max 5 jp). (Lihat panduan dapodik 2018.a, contoh kasus IV).
Mapel PKK diajarkan oleh 2 orang guru
1 Mapel ( jjm max = 10)  diajarkan oleh 2 orang guru, 1 guru teori ( Guru A, JJm = 4) , 1 guru praktik (guru B , JJM = 6)
• Pada rombel reguler, entri pembelajaran guru A , jjm = 4
• Pada rombel praktik X, entri pembelajaran guru B,  JJM = 6

Dengan memahami pemetaan mata pelajaran per kelompok mata pelajaran pada panduan Dapodik 2019 maka ketika mengentri JJM tidak akan terjadi invalid pada linieritas dan JJM tidak terdeteksi melebihi ketentuan Dapodik.

1 komentar:

Click to comment