Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

author photo
By On
10 Cara membahagiakan Orangtua

Setiap Orang pasti menginginkan dirinya sebagai anak yang saleh dan salehah. Berbakti kepada kedua orangtua menjadi tujuan utama dalam hidup ini. Buktinya sejak kita masih kanak-kanak sering menuliskan cita-cita yang tertuju pada kedua orang tua kita “Ingin membahagiakan kedua orangtua kita” Sebagai anak yang baik tentunya Anda ingin melakukan banyak hal bagi kedua orang tua supaya beliau tetap mengingat betapa Anda sangat cinta dan saying kepadanya. Nah, 10 cara sederhana membahagiakan orang tua di bawah ini mana yang pernah Anda lakukan dan lebih bermakna kepada beliau.

1. Memijat tanpa orang tua memintanya terlebih dahulu

sumber pzhgenggong.or.id
Tentunya jika Anda sudah merasakan sebagai orang tua pastinya mengalami kondisi seperti ini. Sebagai orang tua yang gampang merasa lelah, pijatan Anda akan berharga lebih dari apapun bagi mereka. Badannya mungkin capai sehabis bekerja sapanjang hari dan punggungnya sakit karena sering membungkuk, kakinya pegal, kepalanya agak sedikit pening. Mintalah untuk memijat kepadanya, pijatlah perlahan-lahan, sambil berbicaralah dari hati ke hati, ceritakan sesuatu yang terbaik dalam hidup Anda. Hal ini akan membuat rilek dan sedikit menghiburnya.

2. Memberinya perhatian seperti ketika Anda pada masa kecil dahulu

sumber Bintang.com
Perhatian sangat penting bagi seseorang terutama bagi orang tua yang sudah mulai uzur usianya. Jangan menganggap bahwa orangtua Anda tidak tahu apa-apa tentang dunia sekitarnya sehingga percuma saja ketika diajak berbicara. Sesekali ceritakanlah segala sesuatu yang terjadi di tempat kerja Anda dan mintalah nasihat serta pendapatnya sehingga beliau merasa dihargai. Tempat yang terbaik adalah kembali kepada orangtua.

3. Membelikannya hadiah tanpa harus menunggu hari kelahirannya

sumber gotomalls.com
Mungkin orang tua Anda bukan tipe yang suka mengikuti gaya, orang yang tampil sederhana. Karena itu jika beliau memerlukan sesuatu, mungkin beliau enggan memintanya, Anda dapat membelinya untuk beliau. Misalnya Anda melihat pakaiannya sudah usang, atau tas tangannya sudah butut atau jam tangannya mati, Nah sekaranglah saatnya untuk gantian membelikan kebutuhannya tanpa diminta. Ingatlah betapa beliau dulu membelikan segala keperluan Anda tanpa harus merengek-rengek terlebih dulu.

4. Membersihkan rumah mengikuti Sunnah rasul

sumber Housing-Estate.com
Bila orang tua Anda tinggal sendiri, perhatikanlah keadaan rumahnya, apakah ada atap yang bocor, tiang depan yang rapuh, kebun yang berantakan. Anda dapat membantu memperbaiki semua itu, bila perlu memanggil tukang dan mengawasinya.

Baca : Doa Walidaini sangat mustajab kepada anaknya

Anda tahu orang tua mudah capai karena sudah tua dan harus mengerjakan ini dan itu urusan rumah tangga. Ringankanlah tugasnya tanpa diminta Anda melihat jendela kaca kotor sehabis hujan, ambillah lap dan bersihkanlah jendela itu. Lantai halaman yang kotor segera ambil sapu tanpa memerintah lakukan dengan ikhlas Atau sehabis makan ambillah piring-piring dan perangkat makan lainnya serta cucilah tanpa disuruh. Beliau akan menghargai usaha dan perhatian Anda.

5. Mengawasi kesehatannya setiap saat

sumber asuransikesehatanorangtua.blogspot.com
Semakin menjadi tua tentu kondisi kesehatan juga ikut menurun. Sebagai orang yang sudah tua, bapak dan ibu Anda mungkin perlu check-up ke dokter secara teratur. Perhatikan tanggal janjinya ke dokter dan luangkan waktu untuk mengantarnya. Belikan juga obat dari resep dokter itu supaya beliau tidak usah jauh-jauh pergi mengambilnya.

6. Menjenguknya secara teratur Silaturrahmi memperpanjang usia

sumber ikkm batam - WordPress.com
Apabila orang tua Anda tinggal seorang diri, jenguklah beliau secara teratur, mungkin setiap hari ketika Anda libur dari aktifitas pekerjaan Anda. Ajaklah istri dan anak-anak Anda supaya beliau senang melihat cucu-cucunya. Kumpul bersama keluarga besar merupakan kebahagiaan yang tak ternilai harganya, tidak hanya bagi Anda tetapi sangat lebih berarti bagi kedua orangtua Anda.

7. Perhatikan kebutuhan makanannya

sumber Dailymoslem.com
Jika Anda bisa berbagi makanan kepada orang lain, mengapa kepada orang tua tidak memberi perhatian lebih?. Jangan biarkan orangtua Anda makan secara tidak teratur dan kebanyakan membeli makanan cepat saji. Bila perlu bawakan makanan dari rumah Anda sehingga beliau tidak perlu susah-susah memasak. Berilah buah dan makanan sehat lainnya, terutama bila ada penyakit yang mengharuskannya pantang.

8. Berikan uang sebagai bentuk sedekah Anda

sumber setetesse.blogspot.com
Selama ini anggapan kita orangtua tidak begitu membutuhkan uang, Memberikan uang tidak hanya sekedar memberi jajan namun perhatikan kebutuhan yang menyangkut dengan sehari-harinya. Berikan uang tanpa diminta, siapa tahu bapak/ibu Anda enggan meminta uang dari Anda. Jangan sampai beliau kekurangan, perhatikan juga apakah tagihan listrik dan air sudah dibayar. Orangtua tidak ingin merepotkan anak-anaknya dan tidak mau meminta uang dari anaknya. Andalah yang harus bijaksana dalam hal ini dan menyediakan uang bagi ibu Anda.

Baca : Belajar dari 8 sifat anak kecil

9. Memberi pelukan dan cium tangannya

sumber media.ihram.asia
Walau Anda sudah tidak lagi kecil, tetapi orangtua masih selalu menganggap anaknya masih kecil dan ingin mencium pipinya ini terutama bagi orangtua (ibu). Berikan pelukan hangat setiap Anda bertemu dan ingin pergi supaya beliau merasakan kasih sayang Anda. Cium selalu tangannya karena tangan beliau selalu merawat kita sejak lahir.

10. Dari Sembilan poin, cara mana yang paling menggambarkan diri Anda untuk berbakti kepada kedua orangtua.

10 cara tersebut diatas tidak mutlak harus dilakukan semuanunya, masih banyak cara sederhana yang lain. Anda pelaku yang lebih tahu bagamana cara Anda membahagiakan orangtua Anda.

Click to comment